Mamuju, Sulawesi Barat
ppksmammesa@gmail.com

Seri II : Konsultasi dan Konseling PPKS Balita dan Anak

Created with Sketch.

Konsultasi dan Konseling PPKS Balita dan Anak

Dalam seluruh siklus kehidupan manusia, masa lima tahun pertama kehidupan manusia merupakan periode yang paling kritis dalam menentukan kualitas SDM. Sebab, proses tumbuh kembang berjalan sangat cepat. Masa lima tahun pertama dalam kehidupan manusia itu disebut sebagai masa usia emas (golden age period). Pada masa tersebut perlu dilakukan pengasuhan dengan benar agar anak berkembang dengan baik secara emosi, sosial, mental, intelektual dan moral. Pengasuhan yang benar akan menentukan sikap serta nilai pola perilakunya di kemudian hari. Oleh sebab itu, diperlukan pengasuhan yang meliputi pemenuhan kebutuhan kesehatan, gizi, kasih sayang, serta stimulasi yang baik agar anak dapat berkembang secara optimal serta sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya. Kegagalan yang terjadi pada periode pengasuhan di usia dini akan mengakibatkan kegagalan pada tahap perkembangan selanjutnya.

Pengasuhan merupakan proses hubungan yang unik antara orangtua dan anak sebagai aksi dan interaksi dalam mendidik agar anak dapat berkembang dengan baik, sehingga menjadi orang dewasa yang bertanggungjawab, tangguh, mandiri, berkualitas, dan mampu menghadapi tantangan dalam kehidupannya kelak. Pengasuhan anak merupakan proses yang berkesinambungan dan memerlukan peran serta keluarga secara menyeluruh. Keluarga sebagai pendidik pertama dan utama mempunyai peranan sangat penting dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak, termasuk di dalamnya pemenuhan hak-hak anak.

Mencermati kondisi tersebut, Undang-Undang nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga melalui pasal 48 menjelaskan bahwa pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat terwujud salah satunya bila dilaksanakan melalui peningkatan kualitas anak. Oleh karena itu, perlu diberikan pelayanan konseling bagi keluarga untuk mendukung upaya perawatan dan pengasuhan tumbuh kembang anak dan perlunya pembekalan bagi keluarga sebagai lingkungan pertama dan utama yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi anak.

Berikut Modul Seri 2 : Konsultasi dan konseling PPKS Balita dan Anak yang diharapkan dapat dipelajari oleh pengelola dan pelaksana dalam kegaiatan konsultasi dan konseling PPKS Balita dan Anak.

Download Modul Seri 2 : Konsultasi dan konseling PPKS Balita dan Anak

Editor : Dwi Cs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *